Monday, July 13, 2015

0

Tradisi Lebaran yang Selalu Sama Tapi Beda Rasa

Menjelang 4 hari Idul fitri, rasanya gak sabar mau cepet-cepet lebaran. Bukan karna mau cepet-cepet meninggalkan bulan Ramadhan. Tapi udah gak sabar mau makan masakan mama yang wuueenaakkk banget. hehehe.. 

Seperti biasa, saat menjelang lebaran seperti ini, di rumah mama pasti udah sibuk bikin kue. Bukan cuma itu, mama juga udah sibuk nyiapin bahan-bahan masakan untuk lebaran nanti. Setiap lebaran, masakan yang biasa mama sajikan buat kami gak beda kok sama ibu-ibu yang lain, ada opor ayam, ketupat, dan yang gak ketinggalan juga ada rendang dan sayur nangka khas padang. Maklum papa yang berasal dari Sumatera Barat jadi bikin tradisi lebaran kami agak kepadang-padangan alias serba pedas. hehe.. 

Selain tradisi ketupat dan rendang, tradisi lebaran lainnya silaturahmi ke semua keluarga besar mama dan papa. Biasanya, setelah selesai sholat Id, ngisi perut, foto-foto sebentar, kita langusung cuuss... ke Jakarta dan kumpul di rumah Mbah kakung ataupun pihak yang lebih dituakan. di tempat ini juga biasanya saya ketemu saudara-saudara lainnya. Setelah dari sini, kita keliling lagi ke rumah saudara yang lain hingga malam, setelah itu, pulang lagi ke Bogor. 

Hari raya Idul fitri berlalu, biasanya saya menghabiskan kebersamaan dengan kakak-kakak dan ponakan di rumah orang tua kami sampai akhirnya mereka pulang lagi ke rumahnya masing-masing.

Tradisi lebaran yang saya dan sekeluarga lakukan, sebenarnya gak beda sama tradisi lebaran dari keluarga lainnya. Semuanya pasti ngelakuin yang kaya gini kaann? Meskipun ada beberapa yang memang sedikit berbeda tapi intinya sama, Makan ketupat, silaturahmi kesanak keluarga, dan kumpul-kumpul dengan keluarga inti, atau mungkin ada yang memilih menghabiskan liburan lebaran dengan pergi ke tempat rekreasi dengan keluarganya. Sama kan?!

Tapi kenapa tradisi lebaran yang sama tapi kok punya rasa yang beda? 
Kalo gitu apa yang spesial dari tradisi keluarga kita, sampai kita bisa ngerasa seneng gak ketulungan? Berkesan? pasti! 

Padahal kalo setiap keluarga punya tradisi sama saat lebaran, seharusnya saat kita berada di suatu tempat dengan tradisi yang sama, bukankah seharusnya juga merasa senang? Lalu apa yang membedakan?

Lebaran Tahun Lalu Bersama Sepupu dan Keponakan
Yaapp!! Bener! yang membedakan adalah orang-orang tercinta yang ada di dalam kegiatan tradisi ini. Tanpa mereka, rasanya tradisi sepersis apapun yang dilakukan tanpa bersama mereka, rasanya memang beda. Kita akan selalu senang jika lebaran seperti ini, ada bersama keluarga tercinta. Meskipun mungkin saat orang lain bercerita tentang betapa bahagianya mereka bisa berkumpul bersama keluarganya dan menjalankan tradisi lebarannya, Tentu kita akan selalu merasa lebih bahagia dibanding siapapun. Padahal kita dan mereka sama-sama melakukan tradisi yang sama.  

Orang-orang tercinta, keluarga tercinta, dan mereka-mereka yang kita cintai tidak akan bisa digantikan denga siapapun dan dengan apapun...

Bersama 4 kakak-kakak kece
Kurang foto mama dan papa. Tapi rasa cinta kami gak berkurang koq :)

0 comments:

Post a Comment