Wednesday, February 11, 2015

4

Seneng Ngoceh di Social Media? Ini Profesi yang Pas Buat Kamu

Gak semua kerjaan itu ngebosenin. Gak semua kerjaan itu bikin kamu bete. Salah satu profesi yang bikin kamu happy ngejalaninnya itu adalah Social Media strategist. Meskipun ini bukan satu-satunya cara agar kamu bisa dapet kerjaan yang gak ngebetein. Ditambah kalo kamu bisa dapet profesi yang bener-bener passion kamu, Beeehhh... Makin enak banget kan ngejalaninnya. J

Selama ini, mungkin sebagian besar diantara kita cuma anggep akun-akun social media, seperti Facebook, Twitter, Instragram, Path, Pinterest, LinkedIn, Google+, de’el’el, Cuma ajang ekspresi diri kamu dan buat seneng-seneng ajah bisa share everything sama temen-temen kamu. Iyakan? Padahal dunia social media, gak sesepele itu lho. Banyak hal yang bisa kita lakuin dengan semua akun social media itu. Bukan Cuma kita, banyak brand-brand terkenal juga ikut-ikutan eksis di sosmed. Tujuannya bukan untuk jualan. Tapi lebih ke eksistensi produk, seperti product knowledge ataupun branding. Nah, karna banyak produk-produk yang udah sadar banget pentingnya pake sosmed, disinilah orang-orang social media strategist punya peran penting banget.

www.exemplarr.com


Kerjaan Social Media Strategist ngepain ajah?

Kerjaan rutin yang wajib dilakuin sosmed strategist itu, ya. Posting. Tiap hari wajib update akun yang lagi di manag. Tapi gak boleh asal posting. Sebelum posting, sebagai sosmed strategist, harus tau dulu target pasar kamu siapa sih? Karakternya kaya gimana? Misi dari produk kamu apa? Nah, seluruh konten yang mau kamu posting harus sesuai dan bener-bener pas sama target dan misi. Kalo kamu liat fans page di facebook suatu produk itu gak asal posting, kontennya udah ngelewatin banyak tahap sampe akhirnya udah okeh untuk di publish.
socialexcerpts.com

Selain posting, masih ada kerjaan lain, seperti bikin Campaign, bikin strategi ningkatin jumlah fans/followers, juga mikirin gimana caranya agar banyak orang yang ngomongin produk itu di sosmed. Kalo udah dilakuin, nanti diukur, sejauh mana konsep kita berhasil dan sesuai target yang udah ditetapin sebelumnya, kemudian dipikirin juga gimana jumlah like, comment, share bisa banyak, dan ningkatin loyalitas fans sama produk, itu semua dibangun di sosmed. Dan  masih banyak lagi yang dilakuin orang sosmed strategist. Pastinya juga ngasih saran ke klien tentang sosmed mereka.

Jadi Sosmed Strategist juga gak harus di kantor. Kamu bisa kerja di Mall sambil makan, di rumah, atau di taman juga bisa lho. hehe. Juga bisa pake handphone ajah lho. Uniknya lagi, gak perlu pake baju bagus kaya orang-orang di kantor, Biasanya orang-orang sosmed yang ada di agency, bisa berangkat cuma pake jeans sama kaos, plus sendal jepit. Hehehe. Yang penting dari sosmed strategist, ya strategi dan loyalitas dia sama kerjaan. 

Seru kan?? Dari sini, kamu akan banyak tau gimana dunia social media sekarang bergerak. Oleh sebab itu, setiap perusahaan butuh banget nih orang-orang yang emang concern di dunia sosmed dan pastinya konsen buat ngembangin akun perusahaan mereka. Kabar gembirannya lagi, peluang jadi sosmed masih terbuka lebar lho di Indonesia. 

4 comments:

  1. Mau donk dicariin job via sosmed.
    Bisa! Dikerjakan di rumah kan yah?

    Hehehwew

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang, kalo ad info, aq share koq. Sebagian kerjaan sosmed ad yg perlu ngantor mba. Klo freelance, baru deh bisa dikerjain di rumah

      Delete
  2. I am always looking for some free kinds of stuff over the internet. There are also some companies which give free samples. But after visiting your blog, I do not visit too many blogs. Thanks. Youtube Reseller Panel

    ReplyDelete
  3. This is a brilliant blog! I'm very happy with the comments!.. Top Smm Panel

    ReplyDelete